Tingkatkan Bisnis, BTN Syariah Gandeng ILUNI-UI,

Jakarta – Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kian agresif mengembangkan kerja sama dengan sejumlah pihak sejalan pertumbuhan bisnis yang pesat. Dalam kesempatan ini, UUS Bank BTN menjalin kemitraan dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), PT Daya Makara UI, dan anak usaha PT PP Properti Tbk yaitu PT Wisma Seratus Sejahtera.

Dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani Direktur Utama Bank BTN Maryono dan Ketua Umum Iluni UI Arief Budhy Hardono tersebut, perseroan akan menyediakan aneka produk layanan jasa perbankan. Di antaranya yakni perluasan pengelolaan kas (cash management), pengelolaan pembayaran biaya pendidikan, gaji karyawan, jasa pembukaan tabungan, pengadaan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) sebagai kartu identitas, fasilitas Kredit Ringan Batara, dan Program Pengembangan Operasional (PPO) serta jasa perbankan lainnya.

“Kami memberikan one stop service untuk produk dana dan produk pembiayaan sebagai salah satu strategi UUS Bank BTN mengejar peningkatan target penyaluran pembiayaan sebesar 24% pada tahun 2017,” kata Maryono saat penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Bank BTN dengan Iluni UI, Daya Makara UI, dan Wisma Seratus Sejahtera di Menara Bank BTN, Jakarta, Selasa, 30 Mei 2017.

Adapun dari kemitraan ini, ada ribuan alumni UI yang berpeluang mendapatkan berbagai layanan perbankan dari UUS Bank BTN. Misalnya, UUS Bank BTN juga bisa memenuhi kebutuhan pendanaan para anggota Iluni-UI khususnya untuk pembiayaan perumahan dengan prinsip syariah.

Sebagai bentuk komitmen dalam mengakomodasi pembiayaan perumahan dengan prinsip syariah tersebut, dalam kesempatan yang sama UUS Bank BTN juga meneken PKS Three Partied dengan Wisma Seratus Sejahtera dan Daya Makara UI.Dengan kerja sama tersebut, Daya Makara UI akan melakukan pemesanan sebanyak 256 unit apartemen Evenciio Margonda yang dibangun Wisma Seratus Sejahtera. Nantinya, apartemen ini akan dikhususkan bagi para alumni UI.

Dengan demikian, unit usaha Bank BTN yang berdiri sejak 14 Februari 2004 tersebut membidik potensi penyaluran pembiayaan dalam bentuk fasilitas pembiayaan apartemen (KPA) kepada alumni UI sebesar Rp 137 miliar. Selain KPA, UUS BTN juga berpotensi menyalurkan kredit konstruksi kepada PT Wisma Seratus Sejahtera dengan nilai Rp 200 miliar. “Dengan menggandeng pihak-pihak yang strategis, UUS BTN bisa lebih cepat memperluas market share,” ujar Maryono.

Sementara itu, hingga April 2017, kinerja UUS Bank BTN pun terus menanjak. Per April 2017, UUS Bank BTN mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 31,9% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi senilai Rp 121,6 miliar. Kenaikan laba bersih tersebut diiringi dengan kenaikan pembiayaan yang meningkat 26,3% yoy menjadi sebesar Rp 15,03 triliun per April 2017.

Comments
Loading...
More in Ekonomi, Perbankan
Lion Air
Lion Air Buka Rute Penerbangan Bandung Menuju Pekanbaru

Jakarta – Maskapai Lion Air segera membuka rute baru Bandung, Jawa Barat, menuju Pekanbaru, Riau, dan sebaliknya. Rute baru ini...

Dirut Bank BTN Maryono
Bank BTN Gandeng Jamkrindo Optimalkan Pengelolaan Aset Bermasalah

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Jamkrindo tentang “Optimalisasi Penyelesaian Hak Subrograsi Penjamin atas...

Close