Merdeka Copper Gold Mulai Produksi Emas

Jakarta – PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA/Perseroan), melalui anak usahanya selaku operator tambang, PT Bumi Suksesindo (PT BSI), pada kuartal I 2017 telah memulai produksi emas perdana di tambang Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur. Produksi ini dilakukan setelah proses konstruksi penambangan selesai dilakukan pada akhir tahun 2016.

Direktur Utama MDKA, Adi Adriansyah Sjoekri, mengatakan Perseroan mencatat  tonggak bersejarah dengan produksi perdana emas pada tanggal 17 Maret 2017. Hal ini  menandai dimulainya pertumbuhan berkelanjutan jangka panjang bagi Perseroan dan para stakeholder.

“Kami bersyukur bahwa proses konstruksi selama 18 bulan berjalan dengan baik, sehingga produksi tambang emas di Banyuwangi dapat dimulai dengan lancar. Kegiatan produksi ini merupakan langkah penting bagi Perseroan untuk menjadikan perusahaan tambang modern di Indonesia,” kata Adi usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST dan RUPSLB)  di Jakarta, Kamis, 8 Juni 2017.

Adi menambahkan, dengan dimulainya produksi emas di Banyuwangi telah membuktikan kemampuan dan komitmen Perseroan dalam membangun dan mengembangkan potensi cadangan emas di wilayah pertambangan Tujuh Bukit, Kabupaten Banyuwangi. Keberhasilan ini, diharapkan dapat mendorong kinerja positif Perseroan dan memberikan nilai tambah yang optimal kepada seluruh stakeholder.

Corporate Secretary MDKA, Ellie Turjandi menjelaskan bahwa tahap awal kegiatankonstruksi pada tambang Tujuh Bukit mengalami tantangan, khususnya curah hujan yang tinggi selama periode September sampai dengan Oktober tahun 2016. Namun demikian, berkat kemampuan sumber daya manusia yang didukung komitmen penuh Perseroan, proses konstruksi berhasil diselesaikan pada akhir tahun 2016.

“Kami memulai produksi emas pada 17 Maret 2017. Selama sembilan tahun ke depan, kami memproyeksikan produksi tahunan rata-rata emas berada dikisaran 100.000 ons emas dan 300.000 ons  perak,” jelasnya.

Produksi emas di tambang ini menggunakan metode heapleach atau pelindian yang memungkinkan proses produksi menjadi lebih efisien dengan kebutuhan modal investasi dan biaya operasional yang lebih rendah. Proses heapleach atau pelindian ini sesuai standar industri yang hanya diterapkan pada proyek-proyek dengan jumlah sumber daya mineral yang signifikan.

Comments
Loading...
More in Ekonomi, Energi
Logo Honda
Mudik Lebaran 2017, Honda Siapkan 109 Bengkel Siaga

Jakarta – Dalam  rangka menyambut musim mudik dan Hari Raya Idul Fitri 2017, PT Honda Prospect Motor menghadirkan layanan servis...

direktur-consumer-banking-bank-btn-handayani
BTN Bidik Kredit Agunan Rumah Rp 8,82 Triliun

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. membidik Kredit Agunan Rumah yang disalurkan hingga akhir 2017 bakal mencapai Rp...

Close