SMK Pembangkit Listrik, Kemendikbud Apresiasi Yayasan ORA et LABORA

Saya berterima kasih karena SMK ORA et LABORA memilih kelistrikan. Apa yang telah dilakukan SMK ORA et LABORA ini luar biasa.

Tangerang SelatanKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan apresiasi kepada PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dan Yayasan ORA et LABORA yang telah membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Teknik Pembangkit Listrik. Pembangunan SMK ini menjadi terobosan yang luar biasa untuk sekolah menengah kejuruan.

“Saya betul-betul bangga dan apresiasi kepada Yayasan ORA et LABORA yang telah melakukan inisiasi ini yang belum dilakukan oleh yayasan lain,” kata Direktur Jenderal Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikbud), Hamid Muhammad, kepada wartawan saat peresmian gedung SMK ORA et LABORA di BSD, Tangerang Selatan, Banten, pada pecan lalu (22/10).

Hamid menjelaskan Presiden Joko Widodo meminta Kemendikbud dan semua yayasan penyelenggara pendidikan, terutama SMK, untuk melakukan revitalisasi sejak 2015 lalu. Presiden lalu mengarahkan Kemendikbud untuk fokus pada bidang kemaritiman, pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif. ”Saya berterima kasih karena SMK ORA et LABORA memilih kelistrikan. Apa yang telah dilakukan SMK ORA et LABORA ini luar biasa,” ujar dia.

Indonesia, menurut Hamid, membutuhkan tenaga-tenaga ahli di bidang kelistrikan. Apalagi pemerintah tengah gencar menjalankan program penyediaan listrik 35.000 Megawatt (MW). Proyek ini masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019. “Bukan hanya di PLN, tetapi juga mitra-mitra dari swasta. Belum lagi dari proyek infrastruktur,” ucap dia.

Presiden Direktur PT Adaro Power Mohammad Effendi menambahkan beberapa proyek dari program 35.000 MW saat ini sedang dalam tahap pembangunan. “Siswa dari SMK ini dipersiapkan untuk menjawab tantangan serta keperluan tenaga terampil guna mengisi keperluan operasional dari proyek-proyek pembangkit listrik tersebut,” ujarnya.

Pendirian SMK ORA et LABORA merupakan sebuah bentuk kerja sama strategis Yayasan ORA et LABORA dengan menggandeng perusahaan-perusahaan yang memiliki perhatian dalam bidang pendidikan seperti PT Adaro Power, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, dan PT MPM Finance. Kolaborasi pihak swasta dalam mengembangkan pendidikan khususnya di bidang ketenagalistrikan dinilai mampu menjawab kebutuhan negara terhadap tenaga kerja yang handal di masa depan.

Di SMK ORA et LABORA, proses belajar-mengajar didukung dengan peralatan penunjang sebagai alat praktek yang mendekati keadaan asli di lapangan. Peralatan yang didatangkan langsung dari Jerman dan Amerika tersebut untuk membantu peserta didik memahami dan menguasai kondisi realistis yang terjadi di industri terutama sektor pembangkit tenaga listrik. Selain itu, para siswa akan menempuh pendidikan selama empat tahun, yang terdiri dari teori dan praktek, sehingga siap memasuki dunia kerja.

Ketua Dewan Pembina Yayasan ORA et LABORA Edwin Soeryadjaya menjelaskan terciptanya kolaborasi antara pemerintah dan swasta akan menciptakan iklim pendidikan yang kondusif sehingga dapat membantu proses belajar mengajar menjadi lebih mumpuni.

“Dukungan dari Pemerintah terkait kemudahan izin operasional sekolah-sekolah menengah kejuruan serta dukungan industri pembangkit tenaga listrik dan perusahaan-perusahaan pembangkit dalam menyediakan infrastruktur yang memadai dapat menciptakan operator O&M (Operations and Maintenance) yang kompeten dan disiplin yang kuat. Kami berharap lulusan SMK OeL ke depan dapat memberikan kontribusi lebih untuk Indonesia,” kata Edwin.

Comments
Loading...
More in Humaniora, Regional
HUT Karawang ke-385, Bupati Cellica: Ajang Munculkan Kreativitas Anak Muda dan Potensi Lokal

Karawang – Bupati Karawang, Cellica Nurrachadina, mengapresiasi sejumlah rangkaian puncak acara untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Karawang ke-385. Kemeriahan...

Agung Podomoro Land Buka Puasa Bareng 1.200 Anak Yatim Piatu dan Donasi 5.000 Buku

Jakarta – Dalam momentum Bulan Ramadan, PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN), salah satu perusahaan properti dan real estate terbesar...

Close