Berkat Reklamasi, New Priok Perkuat Daya Saing Pelabuhan Indonesia

Beroperasinya pelabuhan baru New Priok, yang merupakan hasil reklamasi dari Pantai Utara Jakarta, dinilai akan semakin memperkuat daya saing sektor pelabuhan di Indonesia. New Priok Container Terminal 1 (NPCT1) yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II mulai beroperasi komersial sejak 18 Agustus 2016.

Direktur Namarin Institute Siswanto Rusdi mengatakan, New Priok merupakan contoh sukses dari reklamasi. Pelabuhan yang dikenal dengan Pulau N, salah satu dari 17 pulau reklamasi ini, memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan perekonomian nasional.

“Dengan kapasitas dan standar layanan tinggi, pelabuhan New Priok dapat menjadi alternatif bagi pelabuhan di Singapura dan Malaysia,” jelas Siswanto dalam keterangannya, Jumat, 7 Oktober 2016.

Menurut Siswanto, keberadaan New Priok sangat dibutuhkan Indonesia untuk bisa bersaing di industri terminal peti kemas dunia. Apalagi sebagai negara dengan perekonomian terbesar di ASEAN, selama ini potensi perdagangan laut Indonesia justru banyak dinikmati oleh pelabuhan-pelabuhan di luar negeri.

Siswanto berpendapat, kawasan Pantai Utara Jakarta merupakan wilayah yang tepat untuk dijadikan sebagai kawasan ekonomi baru. “Dampak ekonomi dari operasionalisasi New Priok sangat besar dan melibatkan berbagai sektor usaha yang menyerap banyak tenaga kerja,” ujarnya.

Comments
Loading...
More in Ekonomi, Infrastruktur
Menteri Enggartiasto Dorong Revitalisasi Pasar Rakyat

Jakarta – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menilai pasar rakyat sebagai salah satu indikator nasional dalam menjaga kestabilan inflasi. Enggartiasto pun...

Close